Perilaku Musang yang Unik dan Lucu

Posted on | Selasa, 22 Mei 2012 | No Comments

Musang Luwak atau disebut Luwak adalah hewan yang pandai memilih biji kopi terbaik yang setelah dimakan dan dikeluarkan bersama kotorannya, kemudian menjadi komoditas kopi pilihan yang sering disebut kopi luwak.

Dalam bahasa ilmiah Musang Luwak disebut Paradoxurus hermaphroditus. Nama ini berasal dari semacam bau yang berasal dari kelenjar di dekat anusnya. Samar-samar bau ini menyerupai harum daun pandan, namun dapat pula menjadi pekat dan memualkan.

Beberapa orang menjadikan musang sebagai binatang peliharaan karena keunikan perilaku musang, meskipun kadang menjengkelkan namun tetap saja banyak orang yang menyukainya. Berikut ini adalah beberapa perilaku unik musang :

Menggoyangkan Ekor
Perilaku ini hanya dilakukan oleh beberapa musang jantan, mereka lebih dominan agresif dan nakal. Mereka melakukan hal ini ketika berjalan setelah musang lain. Ketika sudah terpojok oleh teman bermainnya, Anda akan melihat ekornya bergoyang sangat cepat.

Berlari
Indra penciuman mereka membantu mereka dalam menemukan jalan mereka. Namun, terkadang Anda  melihat mereka menabrak benda-benda terutama dinding. Karena itu, berhati-hati ketika bermain dengan mereka. Jangan bermain di balkon atau teras atau di mana saja yang memungkinkan mereka jatuh. 

Bersin
Bersin-bersin pada musang disebabkan mereka mengendus segala sesuatu yang ada di sekitarnya, di bawah dan di atas mereka. Musang memiliki penglihatan yang buruk, Itulah mengapa mereka menggunakan indra penciuman mereka lebih sering. Ini berarti, mereka mengendus segala sesuatu yang dapat menyebabkan mereka bersin seperti debu. 

Mencuri
Benar, selain mereka mencuri hati Anda, tetapi mereka juga mencuri apa pun yang diletakkan ditangan anda. Mereka akan mengambil perhiasan, jam tangan, kunci, makanan dan hal lain yang menarik perhatian mereka. Lebih buruk lagi, mereka akan menyembunyikannya di tempat-tempat di mana Anda mungkin tidak bisa menemukannya lagi. Apa alasan di balik perilaku ini? bagi musang hal apa pun merupakan sebuah mainan. Keingintahuan mereka mendapatkan yang terbaik dari mereka.

Mengejar
Musang merupakan hewan yang suka bermain. Mengejar hanyalah salah satu hal yang mereka cintai ketika mereka ingin bermain dengan Anda atau hewan peliharaan lainnya. Ketika musang Anda mulai melompat maju mundur Anda akan segera mengetahui bahwa mereka ingin bermain. 

Obsesi dengan Benda
Mereka gila pada objek tertentu tanpa alasan yang jelas. Mereka tidak akan berhenti sampai mereka mendapatkan ” objek keinginan” mereka dan ketika mereka mendapatkannya, mereka akan bersembunyi di suatu tempat. Setelah beberapa hari, mereka akan keluar dari tempat persembunyiannya dan menyembunyikannya di benda kesukaannya di suatu tempat.

Comments

Leave a Reply

Search

Followers