Memori Card Kameramen TV One Dirampas Aparat

Posted on | Rabu, 28 Maret 2012 | No Comments


Kamerawan TV One Adi Hartanto menjadi bulan-bulanan aparat kepolisian ketika mengambil gambar bentrokan polisi dengan mahasiswa di bilangan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa sore, 27 Maret 2012. "Saya lagi mengambil gambar, lalu diserang sama polisi," kata dia.


Kejadian ini bermula saat mahasiswa dari Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia yang sejak pukul 15.30 WIB menyerang aparat kepolisian dengan batu dan bom molotov mulai terdesak posisinya. Ratusan mahasiswa yang awalnya "mengamuk" di bilangan Gambir didesak polisi ke arah Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat.

Polisi terus menembakkan gas air mata ke arah ratusan mahasiswa. Mahasiswa membalas dengan lemparan batu dan bom molotov. Ratusan mahasiswa yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur mengarah ke Jalan Taman Pejambon karena dua sisi Jalan Medan Merdeka Timur sudah dijaga polisi.

Menurut Adi, saat bentrokan polisi-mahasiswa terjadi di Jalan Taman Pejambon, tiba-tiba ada polisi yang menarik dan mengambil kameranya. Padahal saat itu Adi sedang mengambil gambar seorang mahasiswa yang ditangkap aparat. "Memori card saya diambil oleh polisi," ujarnya.

Setelah kejadian itu, tiba-tiba Adi menjadi bulan-bulanan aparat. Ia dikejar-kejar seperti seorang pencopet yang memanfaatkan situasi di tengah bentrokan. Merespons amukan polisi, ia berlari dari Jalan Taman Pejambon menuju depan gerbang Stasiun Gambir di Jalan Medan Merdeka Timur.

Cekcok pun terjadi. Aparat yang geram hampir saja memukuli Adi. Adi berada di tengah kerumunan aparat dan para juru foto. Keadaan berangsur kondusif ketika ada seseorang yang berteriak di tengah kerumunan. "Dia wartawan!" ujar orang itu. "Saya dari TV One," kata Adi sambil membuka jaket hitamnya dan menunjukkan baju merah berlambang medianya.

Ketegangan pun mereda. Adi kemudian menunjukkan kameranya yang tanpa memori card. Setelah kejadian itu, dia berniat meminta pertanggungjawaban polisi agar memori card kameranya kembali.

Comments

Leave a Reply

Search

Followers