Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J

Posted on | Senin, 30 April 2012 | 6 Comments

Yamaha Motor Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk otomotif. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1955 ini bermarkas di Iwata, Shizuoka, Jepang. Perusahaan ini mempekerjakan 39.300 pekerjanya pada tahun 2005. Torakusu Yamaha adalah orang yang pertama kali mendirikan Yamaha Corporation. Yamaha Corporation merupakan salah satu perusahaan yang paling terdiversifikasi di Jepang, menawarkan berbagai produk dan jasa, terutama alat musik dan elektronik. Awalnya didirikan untuk memproduksi organ buluh pada tahun 1887, sebagai Organ Yamaha Manufacturing Company, perusahaan ini berdiri pada tahun 1897, dengan nama Nippon Gakki Company, dengan cepat memproduksi piano tegak. Mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk menggunakan teknologi yang sudah ada dan keahlian untuk memperluas ke pasar baru, Yamaha mulai memproduksi harmonicas selama Perang Dunia I dan tangan buatan phonographs pada 1920-an.

Selama tahun 1950-an dan 1960-an, dengan pengalaman yang diperoleh selama Perang Dunia II, Yamaha mulai pembuatan perahu, busur untuk memanah, dan produk lainnya yang terbuat dari fiberglass yang diperkuat plastik (FRP). Pada tahun 1955, Yamaha Motor Corporation mulai produksi sepeda motor, dan pada tahun 1968, merilis sebuah sepeda off-road, Yamaha DT-1, menciptakan sebuah genre.

Dimulai pada 1970-an, Yamaha mengembangkan berbagai alat musik elektronik dan teknologi. Saat ini Yamaha adalah produsen terbesar alat musik di dunia, dan Yamaha Motor Corporation adalah produsen terbesar kedua sepeda motor. Yamaha berusaha untuk memberikan sebuah pengalaman kegembiraan dan kesenangan pelanggan. Ia memberi perhatian terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan selama pengembangan produk dan menyediakan layanan purna jual yang baik. Yamaha menjadi sponsor grup musik, acara kontes, kompetisi olahraga motor, dan program-program seperti sekolah musik Yamaha yang membantu mengembangkan pasar masa depan untuk instrumen musik; dan memberikan kesempatan seperti olahragawan dan musisi untuk menikmati produk-produknya.

Teknologi YMJET-FI Yamaha
Perang motor berinjeksi semakin memanas di pasar otomotif Indonesia. Setelah Honda mendeklarasikan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI), kini giliran Yamaha memperkenalkan  teknologi Fuel Injection (FI) terbarunya. Teknologi FI ini diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), konon diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen. Selain itu juga ada kelebihan lain yaitu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.

Teknologi YMJET-FI sebenarnya sudah dikembangkan sejak  tahun 2009 silam di Taiwan. Tipe motor yang pertama kali menggunakan YMJET-FI dinamakan Yamaha Motor matic injeksi irit harga murah Jog Ciao. atau juga dikenal dengan nama Fiore di Thailand. Ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya. perbedaan yang mendasar pada sistem Fuel Injection (FI) terbaru ini adalah posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan demikian, konsumsi BBM dapat dipastikan akan lebih hemat juga menciptakan turbulensi di ruang bakar. Proses ini juga dapat menciptakan pembakaran yang lebih baik. 

 Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) nantinya akan mulai digunakan pada seluruh motor Yamaha. Pihaknya juga sudah mulai meningkatan pengetahuan dari seluruh SDM teknisi Yamaha mengenai teknologi Fuel Injection (FI).

Yamaha terus melakukan edukasi atau sosialisasi pentingnya mesin berbasis injeksi dengan teknologi unggulan YM-JET F1 kepada pelanggan seperti dealer-dealer resmi Yamaha, bengkel-bengkel dan klub-klub motor Yamaha di Indonesia. Yamaha juga terus memperbarui perlengkapan dan teknologi pada dealer-dealer resmi Yamaha untuk menunjang perawatan motor berbasis injeksi. Keseriusan ini juga ditandai dengan diselenggarakannya “Yamaha Writing Competition” berbasis Search Engine Optimization (SEO), tentunya Yamaha paham betul akan peran dunia internet marketing dalam mensosialisikan programnya. Dengan begitu para blogger Indonesia pun turut berperan dalam program sosialisasi ini. Yang terpenting bukanlah angka pemasaran semata tapi juga langkah nyata dalam mewujudkan kemajuan teknologi transportasi yang ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan jaman.

Yamaha Mio J cuma perlu seliter bensin untuk jarak tempuh 70 km.  Motor matic injeksi irit harga murah terbaru keluaran Yamaha Indonesia Motor Manufacturing itu sudah menggunakan teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).Mio-J memiliki mesin baru yang 30 persen lebih hemat BBM pendahulunya, Sistem itu membuat suhu mesin terkontrol dengan baik sehingga konsumsi bahan bakar jauh lebih irit.

Sistem itu dipadukan dengan Cam Shaft (penambahan bearing khusus) dan cranksaft assy sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah. Belum lagi, sistem pendinginnya menggunakan Turbo Fan sehingga mesin lebih cepat dingin.

Sempurnakan Pembakaran Putaran Rendah Dengan 2 Throttle Valve
Dari data yang dirilis Yamaha menyebutkan sistem YMJET-FI ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Pada throttle body-nya terdapat dua throttel valve. Kedua katup udara ini diatur oleh putaran selongsong gas di setang. Ketika idle atau gas ditutup, dan pada putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Katup pertama ini menyalurkan udara lewat saluran udara tambahan di luar intake manifold. Udara ini langsung dihantarkan ke dekat injektor. Fungsinya untuk menciptakan atomisasi yang lebih halus. Gas bahan bakar yang dibuat dengan cara ini diyakini akan menghasilkan efisiensi volumetrik yang lebih efisien. Pembakaran di putaran rendah pun jadi lebih sempurna.

Baru ketika membutuhkan tenaga lebih dan putaran gas dibuka makin dalam, maka katup kedua di throttle terbuka lebar. Udara akan masuk seperti biasa.

Posisi injektor mengarah langsung ke ruang bakar sehingga alirannya tidak terhambat dan air assist passage mampu memasok udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi. Hal itu membuat campuran BBM dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.Ada sistem ECU yang mampu mengontrol kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

Spesifikasi Mesin
Mio J mengusung mesin 113 cc, 4-tak, 2-valve, SOHC berpendingin kipas, dan mempunyai tenaga maksimum 7,75 PS pada 8.500 RPM dengan torsi maksimum 8,5 Nm pada 5.000 RPM. Selain itu terdapat teknologi terbaru Yamaha, yakni Mixture JET-Fuel Injection, serta pengaplikasian Diasil Cylinder dan Forged Piston yang membuat pembakaran lebih optimal dan irit bahan bakar.

 Dimensi
•    Panjang x Lebar x Tinggi: 1.830x705x1.050 mm
•    Jarak Sumbu roda: 1.240 mm
•    Jarak terendah ke tanah: 125 mm
•    Tinggi tempat duduk: 745 mm
•    Berat isi: 94 kg
•    Kapasitas tangki: 4,1 liter

Mesin
•    4 Langkah, 2 valve SOHC, pendingin kipas
•    Volume Silinder 113,7 cc
•    Diameter x langkah: 50,0x 57,9
•    Rasio kompresi: 8,8:1
•    Daya maksimum: 8,35 Ps (6,14 kw pada 8.000 rpm
•    Torsi maksimum: 7,84 Nm pada 7.000 Rpm
•    Starter: Electric dan kick starter
•    Sistem bahan bakar: karburator
•    Tipe kopling: Kering, kopling sentrifugal otomatis

Tampilan Fisik
Grafis Mio J-FI Motor matic injeksi irit harga murah di Indonesia jauh lebih sederhana jika dibandingkan Mio J versi Thailand. Lebih kalem. Cover bodi samping mirip dengan Mio Sporty, kemudian dijejali lampu belakang berukuran besar yang mirip lampu Yamaha Nouvo.
Bodi depannya tampak sederhana, tidak tampak garis-garis melengkung manis. Tapi beberapa sudut memang dibuat lebih tajam seperti batok lampu hingga lampu sein dan sepatbor depan. Lampu seinnya tampak besar memanjang, oval. Ditambah lampu utama yang ada di kepala (stang-red). Motor ini telah mengadopsi Auto Headlamp On (AHO). Sepatbor belakangnya mirip Mio Soul, lebar dan diharapkan mampu menahan cipratan air dengan sempurna.

Di bawah jok terdapat bagasi yang ukurannya sedikit lebih lega ketimbang Mio Sporty. Meski helm tidak bisa masuk, tapi masih cukup untuk menyimpan jas hujan. Di bawah setang juga ada konsol bagasi dan gantungan barang yang masing-masing mampu mengangkut barang dengan bobot maksimum 1 kilogram. Ada dua varian, yang pakai palang atau casting wheel dan jari-jari atau spoke wheel.

Speedometer mudah dibaca, lengkap dengan iluminasi warna hijau. Kunci kontaknya sudah menggunakan pengaman bermagnet. Mekanisme buka tutup kuncinya unik, unit menutup lubang kunci bisa dilakukan dengan memutar diameter luar rumah kunci. Sedang penampilan mesinnya yang benar-benar baru menunjukan kalau air filter diletakan di atas transmisi CVT. Uniknya, pada kipas pendingin di sisi kanan mesin terdapat penutup.

Harga Motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J
Harga Mio J-FI Rp 11,9 juta,  Mio J CW-FI Rp 12,8 dan Mio J-CW Teen FI Rp 12,93. Semuanya harga OTR (on-the-road) Jakarta.

Saat ini Mio J baru tersedia Yamaha DDS 1 (Jabodetabek, Banten, Cikarang) dengan jumlah 32.300 ribu unit. Pelopor skutik ini menggunakan mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Peluncuran Yamaha Mio J (Motor matic injeksi irit harga murah) di Bandung
Acara peluncuran Yamaha Mio J berlangsung meriah. Pasalnya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyiapkan serangkaian hiburan dalam acara yang digelar di Gasibu, Bandung, Sabtu (25/2/2012). Dalam keterangan resminya pada acara peluncuran tersebut akan ada lasser show yang ditampilkan bersama teatrikal oleh seorang lasser man.

 Selain itu, nuansa K-Pop dan J-Pop yang tengah mewabah dikalangan anak muda, kental membungkus event ini. Festival budaya Jepang oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) dan Kelompok Pecinta Budaya Jepang (KPBJ). Beberapa kegiatan yang akan disuguhkan diantaranya clothing distro harajuku, make over style Jepang, performa tarian dan musik Jepang dengan wardrobe tradisional Jepang.

 Tidak hanya itu, Flash mob Mio J di tengah-tengah venue juga mengundang pengunjung untuk bergabung. BMX performance, trial bicycle, sky jumper, euro bungee trampoline, beauty cosplay, wall photo corner, kompetisi cover dance, kompetisi B-Boy, kontes fotografi, kompetisi aerobik, lomba menggambar dan mewarnai serta gathering Mio Club motor mengisi rangkaian acara launching Mio J.
 Suasana semakin meriah dengan penampilan bintang utama yaitu J-Rock. Firework (kembang api) di Lapangan Gasibu akan menjadi penutup seru prosesi launching akbar ini.

Yamaha di Indonesia
Sejarah motorsport Yamaha Indonesia dapat dilihat dari tahun 1990 yang menjadi tonggak awal malang-melintangnya Yamaha di ajang balap Tanah Air. Dimulai dari Yamaha Sunday Race di tahun itu yang digelar di Ancol dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kompetisi itu berhasil melahirkan pebalap-pebalap yang punya nama seperti Petrus Tobun Canisius, Ahmad Jayadi, Roy Adrianto, Ade Taruna, Hendriansyah hingga era Doni Tata Pradita yang bisa melanglangbuana ke pentas dunia melalui program Road to World Champion from Zero to Hero.

Yamaha Sunday Race pun berkembang menjadi Yamaha Cup Race (YCR) yang dikenal sebagai ajang One Make Race (OMR) berkualitas tinggi di Indonesia. Dari tahun 1990 hingga 2011 Yamaha Cup Race telah menyelenggarakan 359 race dan melahirkan 49.109 pebalap. Tahun ini adalah tahun ke-23 digelarnya YCR. Kompetisi ini menelurkan jawara-jawara panutan macam Petrus Canisius (1993-1997), Ahmad Jayadi (1995-2001). Prestasi itu menghadiahkan keduanya wild card tampil di MotoGP tahun 1996 dan 1997 di sirkuit Sentul. Generasi berikutnya mengangkat Doni Tata yang menembus GP 125 dan GP 250 serta melahap semua seri World Supersport 600 cc.

YCR pun diciptakan dengan konsep racetainment yaitu balap dan entertainment. Konsep ini disukai masyarakat Indonesia yang selalu memadati gelaran YCR, termasuk balapan malam yang perdananya digelar di Bandung tahun lalu.

Yamaha pun berjaya di ajang nasional Indoprix dan Motoprix dengan dominasi kental. Sudah empat tahun beruntun Yamaha menyapu bersih gelar Indoprix dan 90 persen selalu menguasai gelar Motoprix. Di tingkat internasional, Rafid Topan tampil membanggakan menjuarai kelas Underbone 115 cc Asia. Pebalap muda berusia 18 tahun itu merupakan harapan bangsa Indonesia untuk meraih prestasi di ajang dunia yang lebih tinggi lagi nantinya.

Prestasi Pemasaran Yamaha di Indonesia
Pada tahun 2003 Yamaha Motor Kencana Indonesia telan berhasil meraih predikat sebagai agen tunggal pemegang merek roda dua, yang menjual motor matik terbanyak di Indonesia. Tercatat mulai 2003, ketiga produk motor matik Yamaha, yaitu Nouvo, Mio dan Xeon telah terjual lebih dari 6 juta unit. Dengan prestasi itu, Yamaha berhak mendapatkan penghargaan Pengakuan Prestasi Rekor Bisnis (REBI) dari Tera Foundation, untuk klaim sepeda motor kategori matik pertama di Indonesia dengan jumlah kumulasi penjualan terbanyak sejak 2003.

Riset menunjukkan pasar di Indonesia telah lama diperhitungkan sebagai salah satu pasar terbesar di dunia. Peluang Yamaha untuk mendominasi pasar di masa depan terbentang luas, karena Yamaha mengutamakan kualitas, kesempurnaan produk, inovasi tanpa henti, termasuk aspek pelayanan pada konsumen. Menapak usia 35 tahun, Yamaha Indonesia bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada setiap dealer dan konsumen agar menjadi "Semakin Di Depan". Investasi dalam fasilitas manufaktur dan fasilitas pendukung yang terus dikembangkan, membuktikan tingginya komitmen untuk mencapai sasaran :

•    Fasilitas produksi seluas lebih dari 300.000 m2
•    Lebih dari 6000 teknisi dan Staff yang terlatih
•    Tiga jalur perakitan yang beroperasi selama 24 jam
•    Kapasitas produksi lebih dari 3.500 sepeda motor per hari
•    Dukungan fasilitas penunjang yang lengkap, misalnya: penelitian dan pengembangan, pelatihan khusus dan fasilitas penunjang modern
•    Inventaris suku cadang yang besar dan lengkap

Memasuki awal semester II, pasar sepeda motor domestik kembali mengalami pergeseran. Yamaha berhasil merebut posisi puncak penjualan pada Juli dari Honda dengan selisih angka telak sekitar 17.000 unit. Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis dari beberapa anggotaAsosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), total penjualan Yamaha pada Juli tercatat mencapai 161.016 unit, sedangkan Honda hanya 143.233 unit.

Dengan demikian terdapat selisih angka penjualan 17.783 unit. Selisih angka penjualan antara Honda dan Yamaha pada Juli tersebut merupakan yang terbesar sejak kedua produsen motor papan atas ini terlibat saling kejar dalam perolehan penjualan bulanan sejak awal tahun ini. AISI memang belum secara resmi merilis laporan penjualan untuk Juli, termasuk penjualan lima anggota lainnya yaitu Suzuki, Kawasaki, Kanzen, Kymco, dan Piaggio. Secara akumulatif, penjualan sepeda motor selama semester I/2007 mencapai 2.128.387 unit atau naik sekitar 16,34% dibandingkan dengan Januari-Juni 2006 yang hanya 1.829.447 unit. Yamaha pertama kali mengungguli Honda dalam perolehan penjualan sepeda motor di Indonesia pada Maret 2007.

Peristiwa ini merupakan yang pertama terjadi sepanjang sejarah industri kendaraan roda dua negeri ini, di mana Yamaha unggul atas Honda dengan selisih angka penjualan 9.108 unit. Honda berhasil kembali merebut posisi puncak pasar motor domestik pada bulan berikutnya dengan mengantongi selisih 9.025 unit. Namun, pada Mei Yamaha kembali melampaui kinerja penjualan Honda dengan selisih angka yang sangat tipis, yaitu cuma 936 unit. Di penghujung semester I, Honda makin memperbaiki performa sehingga tetap menjadi jawara di pasar dengan selisih penjualan 4.675 unit terhadap rivalnya itu.
Selama semester I, Honda masih memimpin pasar motor domestik dengan angka 923.991 unit atau berselisih hanya 29.328 unit terhadap Yamaha yang berhasil melego 894.663 unit. Posisi ketiga diduduki Suzuki dengan angka penjualan 270.136 unit.

Genichi Kawakami adalah anak pertama dari Kaichi Kawakami, Presiden generasi ketiga perusahaan instrument music dan elektronik Nippon Gakki (saat ini dikenal sebagai Yamaha Corporation). Genichi menyelesaikan studinya di Takachiho Higher Commercial School pada bulan Maret 1934. Pada bulan Juli 1937 beliau bergabung dengan Nippon Gaki, dengan demikian beliau adalah keluarga kawakami generasi kedua yang bergabung dengan Nippon Gakki Company.
Pada tahun 1953, Genichi memaparkan, “saat perusahaan berjalan dengan baik, dan mempunyai kondisi keuangan yang baik, saya merasakan kebutuhan untuk mencari area bisnis kita yang selanjutnya. Oleh sebab itu saya melakukan riset”. Ia mulai mencoba memproduksi banyak produk, termasuk mesin jahit, sparepart mesin, sekuter, kendaraan multifungsi roda tiga, dan sepeda motor. Pasar dan faktor persainganlah yang pada akhirnya membuat beliau berfokus pada pasar sepeda motor.

Yamaha yakin akan segera menjadi pusat ekspor CBU, mesin dan komponen ke negara lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus meningkatkan kinerja dalam aktifitas produksi dan penjualan secara domestik maupun global. Untuk menjadi "Semakin Di Depan", Yamaha harus unggul dalam kompetisi produk, kualitas, layanan, serta layanan pasca penjualan. Sehingga citra Yamaha sebagai motor yang nyaman dikendarai dan memberi perasaan bangga dapat terbentuk. Dalam menghasilkan target penjualan tahun demi tahun Yamaha selalu membuat strategi-strategi bagaimana caranya meningkatkan penjualan. Hal ini dibuktikan dengan penganugerahan Sertifikat ISO 9001 pada bulan Agustus 2001 yang lalu.

Untuk menjangkau negara yang terdiri lebih dari 13.000 pulau, tentunya membutuhkan jaringan kerja Dealer dan Sub-Dealer yang terpadu. Untuk memastikan bahwa konsumen kami di seluruh pelosok Nusantara dapat menikmati standar kualitas yang sama untuk setiap produk dan pelayanan, maka kami telah menunjuk pihak-pihak yang profesional dan dapat diandalkan sebagai mitra kerja. Melalui jaringan lebih dari 800 Dealer, kami menyediakan dukungan pelayanan yang lengkap, termasuk jasa perawatan dan penyediaan suku cadang.

•    Lebih dari 800 Dealer di Indonesia
•    Layanan jasa perawatan dan suku cadang yang lengkap
•    Lebih dari 140.000 jenis suku cadang

Oleh karena itu, para marketing harus meningkatkan kinerja kerja lagi agar dapat mencapai target sesuai yang diinginkan perusahaaan. Dengan melakukan tindakan yang positif dan inisiatif dalam berbagai cara melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan sebagai fokus utama dalam layanan untuk dapat mempertahankan keberadaannya dipasar yang begitu kompetitif ini.

Yamaha Indonesia memiliki komitmen untuk menyumbangkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Selain mendukung berbagai program sosial juga menyediakan kursus/pelatihan kepada mahasiswa mengenai teknik sepeda motor. Dengan fasilitas yang sama kami juga memberikan pelatihan teknik kepada individu perorangan di luar perusahaan Yamaha, berupa bimbingan bagi mereka yang berminat untuk menjalankan usaha kecil pelayanan dan perawatan sepeda motor (bengkel).

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berhasil memenuhi kuota target penjualannya selama tahun 2007 sebanyak 1.880.000 unit. Bahkan jumlah tersebut tercapai sebelum tutu buku tahun 2007. Dengan sukses ini, perusahaan yang telah menjual sepeda motor sejak 33 tahun lalu ini mampu membuktikan kekuatannya dalam persaingan industri automotif Indonesia, khususnya sepeda motor. Yamaha berhasil mencapai puncak prestasi sebagai pemimpin pasar pada tahun 2007. Ini sebuah bukti kerja keras semua pihak.

Comments

6 Responses to “Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J”

  1. Anonim
    8 Mei 2012 18.17

    mio emang irit
    mio yang hitam keren kayak transformer
    Konsumsi bahan bakar yamaha Mio j

  2. Ewing
    9 Mei 2012 07.04

    terima kasih kunjungannya mas toni

  3. Adang N M I
    6 Juni 2012 02.48

    Lengkap reviewnya...Nice..
    Kunjungan blogwalking sore kawan..
    Sukses selalu untuk kontesnya..
    Tak lupa, mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

  4. Ewing
    6 Juni 2012 23.33

    terima kasih kunjungannya mas adang, saya segera berkunjung

  5. Ricola
    19 Juni 2012 21.27

    tarikan mantap..yamaha mio emang ok sih di ajak narik ama lenggak lenggok diantara mobil mobil saat macet.

  6. Arif Rachman
    21 Juni 2012 00.01

    mantaaap mio tenaganya jugaa

Leave a Reply

Search

Followers